Minggu, 18 September 2016

Perbandingan Dagadu Jogja dengan Joger Bali

Perbandingan Dagadu Jogja dengan Joger Bali


Dagadu
Joger
Pusat
Yogyakarta
Bali
Tahun berdiri
1994
1981
Pendiri
PT. Aseli Dagadu
Mr Joger atau Joseph Theodorus Wulianadi
Strenghs
·        Merk yang sudah dikenal masyarakat luas dan sudah memiliki hak paten
·        Memiliki web resmi sendiri yaitu www.dagadu.co.id
·        Harga terjangkau
·        Toko dilengkapi cctv
·        Memiliki 3 outlet resmi
·        Kreativitas yang terus dikembangkan
·        Merk/trademark yang sudah mendunia
·        Lokasi strategis
·        Harga sesuai kantong pelajar
·        Toko dilengkapi cctv
·        Design unik
Weaknesses
·        Banyak beredar produk palsu dan imitasi
·        Promosi kurang gencar
·        Area toko dan lahan parkir yang kurang luas
·        Penjaminan kenyamanan pembeli yang belum prima
Opportunities
·        Banyak wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta
·        Jumlah pelajar dari penjuru Indonesia yang cukup banyak dan tertarik dengan Dagadu
·        Sudah ada anggapan dalam masyakat bahwa belum lengkap rasanya ke Bali kalau belum ke Joger
·        Permintaan pasar yang luar biasa
Threats
·        Persaingan dengan pusat oleh-oleh lain karena Dagadu memiliki banyak substitusi, seperti batik, makana khas, dan sebagainya.
·        Produk-produk imitasi yang sudah beredar luas di Bali
·        Preman-preman di sekitar toko yang mengganggu kenyamanan pengunjung toko
Jam operasional
10.00-21.00 WIB
10.00 – 18.00 WITA
Produk yang ditawarkan
Pin, mug, dompet, kaos, topi, sticker, gantungan kunci, dan souvenir lainnya.
Kaos, guci, pernak-pernik, selendang, gantungan kunci, tas, sepatu, jaket, sandal, dan souvenir lainnya
Keunikan
·        Menyediakan katalog bulanan
·        Da-Ga-Du berarti Ma-Ta-Mu, sehingga logo dari Dagadu adalah mata yang diharapkan Dagadu dapat mempresentasikan masalah kepariwisataan di Yogyakarta
·        Memiliki ciri khas yaitu lokalitas Yogyakarta yang dibalut dengan plesetan kata.
·        Ikon pariwisata Jogja
·        Sebelum memasuki kawasan toko pengunjung akan ditempeli sticker sebagai tanda masuk
·        Design yang unik dengan pilihan kata yang menarik
·        Hanya ada dua outlet di Bali sehingga memiliki kesan belum lengkap rasaya ke Bali kalau belum ke Joger
·        Tidak menerima pesanan dari konsuman(pesanan design)
·        Setiap konsumen dibatasi pembeliannya maksimal 12 pcs(kaos)
·        Sulit ditemukan produk palsu namun produk imitasinya lumayan banyak
·         
Kegiatan sosial
Pedilu (Pemilihan Desain Dagadu Tema Pemilu)
Bakso Garing (Bakti Sosial Tiga Piring)
  
by : Putri Nurul Khasanah/397133/Ilmu Ekonomi UGM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar